Kelebihan dan Kekurangan Warehouse Management System

Menggunakan Warehouse Management System dalam sebuah perusahaan, memang cukup menguntungkan. Walaupun demikian, ternyata ada beberapa kekurangan yang dimiliki oleh sistem tersebut. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari sistem tersebut :

Kelebihan 

Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Warehouse Management System, ketika Anda menggunakannya, antara lain :

  • Speed up handling process

Digunakannya sistem ini pada sebuah pergudangan akan mempercepat lead time process. Lantaran proses ini akan dilakukan secara komputerisasi dan tidak dilakukan secara manual, seperti yang dilakukan beberapa waktu yang lalu, yang melibatkan lebih banyak orang.

  • Ensure accurate inventory data 

Dengan digunakannya sistem ini, maka semua transaksi inventory dan juga jumlah stok barang akan dapat terpantau kapanpun secara cepat dan akurat. 

  • Optimize your warehouse layout & space utilization 

Digunakannya sistem ini, Anda dapat mengatur lokasi penyimpanan barang secara lebih optimal. Selain itu, jumlah dan tipe barang yang akan keluar masuk gudang juga dapat dipantai secara optimal, dengan menggunakan tool  yang ada dalam sistem. 

  • FIFO implementation 

Dimana alur distribusi barang dapat diatur dengan baik, dan sesuai dengan prinsip FIFO atau First In First Out, atau dengan kata lain, barang pertama datang, maka itu yang akan pertama kali keluar. 

  • Automated Data Collection 

Dimana pengumpulan data, akan dilakukan secara otomatis menggunakan fasilitas radio frequency portable data terminal / PDT dan juga barcode scanner. 

  • Cycle Counting 

Keuntungan dalam proses menghitung waktu atau siklus pada setiap proses atau juga deadline. Artinya data yang dibutuhkan dalam proses menghitung produktivitas gudang, serta mampu mempermudah upaya dalam meningkatkan penerapan sistem.  

Kekurangan   

Jika dilihat dari segi kekurangan, sistem yang satu ini, terbilang tidak terlalu banyak. Kekurangan yang dimaksud adalah, kurangnya tingkat akurasi pergerakan barang dan juga proses rentang waktu barang yang akan disimpan. Hingga membutuhkan kontrol aktifitas pergerakan barang dan dokumen, agar dapat meningkatkan efisiensi sistem pergudangan. 

Artinya walaupun sudah menggunakan sistem komputerisasi yang secara maksimal. Tidak ada salahnya jika Anda juga melakukan pengecekan secara manual sesekali. Terutama pada saat proses hitung rentan waktu barang yang akan disimpan.  

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *