7 Tips Optimalkan Inventaris Pada E-Commerce Warehouse Management

Ecommerce warehouse management dikenal sebagai manajemen gudang dari perusahaan e-commerce yang saat ini memang tengah berkembang pesat di negara Indonesia. Pada dasarnya manajemen gudang itu sendiri dikenal sebagai bagian penting dari aktivitas logistik, apalagi bagi perusahaan e-commerce yang saat ini tingkat kesibukkannya terus meningkat. Tingkat kesuksesan e-commerce sendiri tentunya dipengaruhi oleh beberapa hal, dan salah satu diantaranya adalah pemenuhan pesanan dari para pelanggannya yang dapat dilakukan dengan tepat serta cepat. Namun untuk memberikan pelayanan tersebut tentunya dibutuhkan pengelolaan inventaris dari sistem gudang yang tepat pula. Karena itulah bagi anda yang memiliki perusahaan e-commerce dan ingin memiliki pengelolaan atau manajemen gudang dengan tingkat pengelolaan tepat, maka pastikanlah untuk mengikuti beberapa tips di bawah ini :

  • Pengaturan ruangan, serta tata letak

Hal paling mendasar yang dapat membantu ecommerce warehouse management dengan baik adalah pengaturan pada ruangan, serta tata letak ruang gudang yang anda miliki. Dalam hal ini pastikan untuk menggunakan area gudang dengan tepat, sehingga memudahkan proses keluar atau bahkan masuknya barang inventaris.

  • Peletakan barang

Tips selanjutnya adalah pengaturan pada sistem peletakan barang. Dalam hal ini pastikan untuk meletakkan barang yang paling banyak diminati pada tempat yang mudah untuk diakses serta dijangkau oleh staf yang anda miliki.

  • Perhitungan siklus

Jika pada ecommerce warehouse management umumnya dilakukan perhitungan fisik, maka dalam hal ini anda cukup melakukan perhitungan siklus, yaitu menghitung sebagian kecil saja dari inventaris yang terdapat di dalam gudang, sehingga aktivitas gudang pun dapat terus berjalan.

  • Keamanan gudang

Keamanan gudang juga menjadi tips lainnya yang wajib untuk anda perhatikan, karena tidak sedikit perusahaan e-commerce yang mengalami kerugian akibat kehilangan inventaris dari manajemen gudang yang tidak terjaga keamanannya dengan cukup baik.

  • Pemberian label

Bagian lainnya yang juga harus anda perhatikan adalah pemberian label pada setiap barang yang ada. Dalam hal ini, anda dapat memberi kode SKU, atau barcode pada setiap barang yang ada, namun pastikan pula agar setiap barang tidak memiliki dua bagian kode atau kode yang terduplikasi, karena hal tersebut akan menjadikan sistem perhitungan gudang yang salah.

  • Melakukan cross docking

Untuk melakukan pengiriman yang lebih cepat, cobalah untuk melakukan proses cross docking. Dalam hal ini sistem penyimpanan barang di gudang hanya membutuhkan waktu sebentar atau bahkan tidak menggunakan waktu sama sekali. Namun dalam melakukan hal ini, umumnya barang yang diterima dari supplier akan disimpan di gudang transit terlebih dahulu, dan kemudian langsung masuk menuju truk pengiriman.

  • Pelatihan karyawan

Untuk menjaga agar manajemen gudang dapat terjaga dengan baik, tentunya dibutuhkan tenaga ahli, seperti karyawan yang memahami akan permasalahan ecommerce warehouse management itu sendiri, Karena itulah pelatihan khusus karyawan pun dapat dilakukan dengan materi yang berkaitan langsung dengan ecommerce warehouse management itu sendiri.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *