Panduan Pemasangan Rangka Atap Baja Ringan

Dalam pemasangan rangka atap baja ringan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, salah satunya adalah pemasangan kuda-kuda atap baja ringan. Selain faktor tersebut juga masih ada beberapa faktor lainnya yang tak kalah penting. Atap bangunan berfungsi sebagai pelindung sekaligus penutup ruangan di bawahnya, dari paparan panas matahari, angin, dan hujan. Meskipun atap tersebut memiliki bobot yang ringan, namun pengaruh lingkungan luar terhadap penutup dan konstruksinya dapat terlindungi secara maksimal dari cuaca dan suhu. Selain itu juga berguna untuk melindungi rumah dari kebakaran, gempa, dan angin.

Syarat Pemasangan Atap Baja Ringan yang Tepat

Pemasangan rangka pada atap baja ringan mesti dilakukan secara cermat, mengikuti prosedur dan standar yang sudah ditentukan. Di bawah ini ada beberapa persyaratan yang mesti dipenuhi, diantaranya :

  • Rangka atap harus dipasang tegak lurus pada tumpuannya
  • Pastikan untuk tidak ada kerusakan pada lapisan pelindung baja ringan
  • Ring balk dan ikatan pada rangka atap harus diperkuat menggunakan baut angkur.
  • Tak boleh terjadi kesalahan dalam pengerjaannya, karena bisa membuat bentuknya berubah
  • Kemiringan rangka pada atap baja ringan tak boleh bergelombang dan harus dibuat sama rata.
  • Puncak kuda-kuda atap baja ringan tingginya harus sama dan noknya harus terpasang rata.

Dalam perakitan dan pemasangan rangka atap, pertama-tama harus di dudukan di atas tumpuannya secara langsung. Akan tetapi untuk kondisi tertentu, bila tumpuannya dibuat tidak rata, rangka atap bisa didudukkan sebagai perantara di atas bagian wall plate. Pemasangan rangka atap baja ringan harus memperhatikan tahapan persiapan, pemeriksaan tumpuan, kelengkapan, peletakan kuda-kuda, hingga perakitan kuda-kuda.

Adapun beberapa hal yang mesti dipersiapkan sebelum memasang rangka atap baja ringan ini ialah pembuatan gambar atap rumah untuk menjelaskan tempat kuda-kuda atap baja ringan diletakkan. Selain itu, persiapkan pula beberapa peralatan kerja, seperti waterpass, meteran, mesin bor, mesin potong, alat penyiku, obeng, dan palu. Sementara untuk bahan yang diperlukan tentu saja material baja ringan yang jumlahnya menyesuaikan kebutuhan Anda. Selain persiapan peralatan konstruksi, pastikan pula untuk menyediakan perlengkapan keselamatan kerja supaya proses pengerjaan bisa berlangsung aman.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *