Kenali Lebih Dekat Bahan Mainan Ayunan Anak

Ada banyak sekali model mainan ayunan anak yang digemari mulai dari ayunan bayi hingga ayunan lipat anak. Biasanya model ayunan ini berbahan materi yang berbeda-beda, untuk ayunan bayi menggunakan bahan plastik tebal (PVC) sedangkan untuk bahan ayunan  dan dewasa menggunakan bahan kayu atau besi.

  1. Ayunan Kayu

Ayunan kayu ini memang sangat kuat dan lentur, lentur memang mudah dibentuk ke berbagai ukiran. Daya tarik kesenian kayu ini memang bisa menyatu dengan alam. Warna coklat dari kayu bisa menghemat pengeluaran untuk cat. Jenis kayu yang sering digunakan adalah kayu mahoni, jati, atau pinus.

  1. Ayunan Plastik

Ayunan bahan plastik ini tidak cocok untuk penempatan outdoor, lebih cocok untuk indoor. Bahan PVC memang lebih ringan dari besi atau kayu namun untuk umur balita yang sedang aktif bergerak. Selain di dalam rumah, Anda bisa mengawasi dengan jeli aktivitas anak tanpa was-was. Berbeda jika bermain agak jauh dari rumah tidak bisa mengontrol anak-anak. Kontrol terhadap anak-anak bisa jadi lalai dan berakibat jatuh yang tidak ketahuan.

  1. Ayunan Besi

Ayunan bahan besi memang mampu menampung berat orang dewasa termasuk anak-anak juga. Bahan ini sangat cocok untuk ditempatkan di outdoor dan dicor permanen. Karena bahannya berasal dari besi maka jangkauan mainan ayunan anak bisa lebih tinggi maka ada area maksimal dalam penempatan ayunan besi. Area aman sekitar 2 meter ke depan dan 2 meter ke belakang. Tergantung dari panjangnya besi pegangan, semakin panjang maka jangkauan semakin jauh dan membutuhkan area lebih luas.

  1. Ayunan Ban Bekas

Jika Anda memiliki limbah ban bekas bisa digunakan untuk mainan ayunan anak depan rumah, caranya dengan membersihkan dan mengupas ban. Setelah itu, Anda ikat bagian sampingnya dengan tali tambang besar agar lebih kuat. Lebih baik lagi jika Anda anyam tali tambang lebih tebal guna menghindari putus tali.

Jika Anda ingin membuat bahan mainan ayunan anak sederhana bisa dengan memanfaatkan limbah sekitar namun perlu juga diperhatikan keamanan ya?

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *