Langkah Perawatan Gas Oven yang Tepat Agar Umurnya Panjang

Perawatan commercial oven gas merupakan langkah untuk membuat gas oven berumur panjang. Langkah-langkah perawatan yang bisa Anda lakukan yakni sebagai berikut.

Langkah-Langkah Merawat Oven Gas

Perawatan gas oven dilakukan demi menjaga oven agar tetap bersih dan bebas dari jamur serta karat. Kelalaian dalam perawatan oven bisa berakibat pada gagalnya proses memasak. Oven gas biasanya terdiri dari beberapa susunan rak sehingga Anda perlu memastikan setiap rak harus bersih baik di bagian dalam maupun luarnya. Langkah merawat oven gas yang baik yakni sebagai berikut :

  • Bagian Dalam

Proses perawatan oven gas, tangkring maupun listrik sebenarnya tak jauh berbeda. Untuk bagian dalam oven Anda bisa membersihkannya dengan lap basah yang bersih. Bila perlu gunakan sabun cair, caranya yakni dengan menyemprotkan sabun cair kemudian dibersihkan menggunakan lap basah.

Ulangi setidaknya hingga dua kali kemudian keringkan. Pastikan tak ada area oven yang belum dibersihkan dan tak ada sabun yang tertinggal. Jangan lupa pula untuk membersihkan bagian belakang kaca oven. Bila Anda membersihkan oven listrik, sebaiknya jangan gunakan lap basah atau lembap maupun cairan karena akan merusak elemen pemanas di dalam oven.

  • Rak Oven

Untuk rak commercial oven, cara membersihkannya yakni dengan mengeluarkannya dari oven. Kemudian rak dicuci bersih menggunakan sabun. Jangan lupa untuk membersihkan kerak yang menempel hingga bersih. Hindari memakai benda tajam untuk membersihkan rak maupun oven karena bisa merusak lapisan oven. Setelah bersih, lap rak tersebut sampai kering kemudian kembalikan ke posisi semula.

  • Cek Kondisi Oven Gas

Bagi pemilik gas oven yang sudah berpengalaman, jangan lupa untuk mengecek kondisi oven. Cek apakah body oven masih bagus, kabelnya masih utuh, cek bagian peredam panas, baut-baut serta kawat di bagian belakang oven. Apabila ada beberapa bagian yang hilang atau rusak, sebaiknya memanggil tukang servis oven atau service center merk oven tersebut guna memperbaiki commercial oven.

  • Loyang Oven

Bagian loyang oven biasanya sering muncul jamur atau karat. Untuk membersihkannya, ambil bagian loyang oven kemudian guncangkan agar sisa-sisa panggangan roti rontok. Apabila masih ada kotoran yang tersisa, bersihkan menggunakan spons atau sikat lembut dan sabun cuci piring hingga bersih. Apabila kotoran sulit dibersihkan, didihkan air menggunakan oven. Uap air tersebut nantinya akan mengangkat sisa-sisa kotoran yang menempel di sela-sela mesin dan sulit dibersihkan.

  • Perawatan Harian

Apabila ada aroma tak sedap dari dalam oven, hilangkan dengan jus lemon dicampur air kemudian didihkan di dalam commercial oven. Agar lebih hemat listrik dan hasil panggangan lebih maksimal, hindari membuka tutup pintu oven terlalu sering. Bila Anda ingin membersihkan bagian dalam gas oven tanpa meninggalkan bekas, bubuhkan soda kue halus ke atas spons lembab dan gunakan spons tersebut untuk membersihkan lapisan dalam oven.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *