Bekal Dalam Memulai Bisnis Percetakan Offset (bagian 1)

Bisnis percetakan offset menjadi pilihan pada zaman milenial. Alasan tersebut sangat logis, melihat minat pasar yang melonjak drastis. Apabila sudah terputuskan untuk memulai bisnis dengan bisnis digital printing berarti langkah kemudian adalah menentukan persiapan apa saja yang perlu untuk dilakukan.

Ada persiapan-persiapan yang harus dilakukan sebagai bekal dalam mengawali bisnis digital printing. Perlunya mempersiapkan segala keperluan dalam berbisnis adalah supaya bisnis bisa berjalan dengan efektif dan efisien. Bila tanpa persiapan itu sama saja membuang-buang biaya, tenaga dan waktu. Karena tidak tahu medan bisnis yang sebenarnya maka tidak akan siap bila menghadapi tantangan yang ada.

Hal penting yang harus diperhatikan ketika memilih percetakan offset

  1. Pemilihan distributor
    Ketika memilih menekuni bisnis percetakan offset, pastinya harus punya mesin cetak sebagai landasan awal dalam menjalankan usaha. Tentu saja dalam memilih mesin cetak tersebut harus pada distributor yang terpercaya. Distributor yang sudah terpercaya pastinya akan menjual mesin yang memang berkualitas tinggi. Karena seorang distributor juga menjaga nama baiknya dan menjaga kesetiaan pelanggan dalam jangka panjang.
    Distributor yang mempunyai kredibilitas tinggi biasanya memiliki staff teknisi tetap yang melayani dalam hal servis pada mesin yang mereka jual. Cari distributor yang sudah memiliki sertifikat atau tertera sebagai distributor resmi langsung dari pabrik produsen mesin. Hal tersebut dimaksudkan supaya mendapatkan prioritas supply spare part mesin.
  2. Pemilihan produk 
    Dalam hal memilih produk, perlu adanya penekanan pada kebutuhan. Kebutuhan menjadi titik fokus dalam hal menentukan produk mana yang tepat dalam memilih fitur yang sesuai. Karena dalam hal fitur banyak sekali fitur yang akan ditawarkan padahal belum tentu dibutuhkan. Terkait fitur yang lebih beragam membuat harga mesin cetak tersebut menjadi lebih mahal. Maka, tentukan dulu kebutuhan yang sangat urgen untuk di prioritaskan. Bijak dalam memilih itu menjadi dasar supaya awal bisnis bisa berjalan sesuai dengan harapan.
    Terkadang karena tidak fokus pada kebutuhan menjadikan mudah tergiur dengan fitur-fitur yang semakin canggih, namun sebenarnya tidak diperlukan dan membutuhkan budget yang lebih banyak dalam hal pembelian. Padahal budget tersebut bisa dialokasikan untuk membeli peralatan yang lainnya.
    Ketika bijak dalam yang dibutuhkan, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dengan kualitas yang tinggi dan dapatkan harga yang benar-benar sesuai dengan fitur tersebut. Caranya dengan membandingkan produk mesin sejenis mulai dari
  • Kegunaan atau fungsi mesin tersebut. Benarkah sama antara produk A dan B, lihat dari segi daya guna yang dihasilkan.
  • Detail spesifikasinya mulai dari daya listrik yang diperlukan, komponen dalam mesin tersebut, fiturnya perlu dicek, fasilitas yang ditawarkan dalam mesin tersebut dan lain sebagainya.
  • Harga yang ditawarkan. Merk A dan B dengan spesifikasi yang sama harga yang ditawarkan berbeda. Maka harus bijak dalam menentukan pilihan.

Bekal dalam memulai bisnis percetakan offset di atas masih berlanjut. Baca kelanjutannya di bagian kedua.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *