Pengaruh Customer Service untuk Ecommerce

Mungkin tak dikira dan tak disangka bahwa pengaruh CS atau Customer Service dalam kesuksesan suatu bisnis ecommerce seperti toko online baik yang produknya berupa barang maupun ecommerce yang produknya berupa layanan jasa, seperti penjualan tiket pesawat udara, kereta api dan lain sebagainya hingga layanan booking hotel dan lain sebagainya itu sangatlah besar. Berikut pembahasan mengenai pengaruh customer service ecommerce.

Mayoritas Pelanggan yang Kecewa Mengajukan Komplain lewat CS

Cukup besar jumlah pelanggan yang kecewa lalu mengajukan keluhannya melalui CS, yakni bisa mencapai hingga sebesar 97% sedangkan yang 3% lainnya memilih diam atau mengajukan keluhannya lewat cara lain, bisa dengan menyebarkannya ke berbagai media sosial, mengenai pengalaman buruknya tersebut, yakni seperti lewat twitter atau Instagram atau wa group dan lain sebagainya. Justru hal ini akan sangat berbahaya dan akan merugikan perusahaan bisnis ecommerce yang bersangkutan. Sehingga disinilah pengaruh CS sangat besar, untuk meredam tingkat kekecewaan customer pasca transaksi pembelian. Sehingga dampaknya tidak meluas dan keluar, membawa image buruk bagi kelangsungan bisnis. Untuk itu perusahaan ecommerce harus menginformasikan ketersediaan layanan CS tersebut dan jika memungkinkan menyediakannya selama 24 jam agar pembeli yang tidak puas bisa menyampaikan keluhannya dan menyelesaikannya secara intern sesegera mungkin tiap saat sebelum dampaknya meluas dan menyebar ke mana-mana.

Sebagian Besar Pembelian Kembali didapat Setelah Pelanggan Menghubungi CS

Mayoritas pelanggan yang melakukan repeat order atau pembelian ulang juga adalah yang pernah menghubungi CS. Besarannya bisa berbeda-beda untuk tiap jenis ecommerce.

Meminimalisir Pembatalan dan Kegagalan Transaksi

Calon pembeli yang mengalami kebingungan pada saat hendak bertransaksi juga sebaiknya bisa dengan mudah dan tiap saat menghubungi CS sehingga akan bisa melakukan transaksi pembeliannya dengan lancar hingga tahap akhir. Calon pembeli yang mengalami kendala atau masalah pada saat hendak bertransaksi, baik di tahap awal pada saat pemilihan jenis produk yang hendak dibeli, atau ketika hendak melakukan pemesanan juga yang paling penting adalah pada tahap ketika hendak melakukan pembayaran bisa saja membatalkan transaksinya dan beralih ke pihak ecommerce kompetitor atau justru memutuskan untuk membeli secara offline ketika tidak bisa mendapatkan bantuan dari CS pada saat dibutuhkan.

Dengan demikian maka pengaruh CS memanglah sangat besar bagi kelangsungan bisnis ecommerce.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *