Membedakan Generator Listrik dari Arus yang Dihasilkan

generator listrik merupakan sebuah mesin yang mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Bagi sebagian orang keberadaan dari generator listrik sudah tidak asing lagi. Generator listrik digunakan pada beberapa bangunan seperti mal, pabrik, hotel hingga rumah sakit sebagai sumber listrik konstan. Sehingga tidak mengganggu kegiatan yang ada di tempat-tempat tersebut. 

Perbedaan Generator Berdasar Arus Listrik yang Dihasilkan

Terdapat dua komponen utama generator listrik. Dua komponen tersebut adalah bagian stator dan bagian rotor. Arus yang dihasilkan dari generator listrik dibedakan menjadi dua, generator listrik DC dan generator listrik AC.

  • Generator Listrik DC

Generator arus searah yang mempunyai sebuah cincin terbelah pada bagian tengahnya. Cincin yang terbelah biasa disebut sebagai komutor. Cara kerja generator listrik DC menggunakan komutator pada bagian outputnya. Generator listrik DC membalik arah arus ketika tegangannya negatif. Dengan menggunakan mekanisme komutator dapat menghasilkan siklus DC atau positif-no-positif-no.

Arus DC dapat kehilangan daya pada saat ditransfer dengan jarak yang semakin jauh. Arus DC hanya dapat bergerak maju pada konduktor. Pemakaian dari arus DC ini biasa terdapat pada perangkat elektronik atau pada kereta listrik.

  • Generator Listrik AC

Generator yang menghasilkan arus listrik bolak-balik. Mempunyai dua buah cincin luncur yang berhubungan dengan tiap ujung kumparannya. Rotor menghasilkan medan magnet sedangkan stator bertugas menjadi konduktor. Konduktor inilah yang menerima pergerakan dari elektron. Generator menghasilkan arus AC dikarenakan adanya medan magnet yang berputar dalam kumparan.

Arus AC tidak akan kehilangan dayanya meski ditransfer dalam jarak yang jauh. Arus AC dapat berbalik arah ke konduktor. Pengaplikasian arus AC biasa terdapat pada instalasi listrik yang memiliki skala luas.

Mudahnya, generator listrik dapat membantu orang-orang agar dapat menikmati listrik saat terjadi pemadaman. Generator menggunakan prinsip kerja dari gaya elektromagnetik. Saat konduktor bergerak pada medan magnet maka aliran listrik akan masuk mengaliri konduktor. Generator listrik sering digunakan dalam kehidupan seperti salah satunya penyuplai listrik pada acara tertentu.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *